Kisah Singkat Nabi Yusuf As

Kisah Singkat Nabi Yusuf As – 2 Nabi Yusuf merupakan anak ketujuh dari Nabi Yakub, nama ibunya Rahiel, Yusuf lahir di Palestina. Ibunya meninggal ketika Yusuf berumur dua belas tahun.Pada suatu malam, Nabi Yusuf melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan sujud di hadapannya. Nabi Yusuf menceritakan mimpinya kepada ayahnya. Kemudian Nabi Yaqub mengetahui bahwa Nabi Yusuf akan menjadi nabi yang dipuji oleh Allah dan manusia.

Rasa cinta Nabi Yaqub kepada Nabi Yusuf semakin bertambah, namun Nabi Yaqub khawatir jika saudara-saudara Nabi Yusuf cemburu kepada Nabi Yusuf karena ia bermimpi dan mengira Yusuf akan mendapat cinta yang lebih. Kasih sayang yang ditunjukkan Nabi Yaqub kepada Yusuf menyebabkan para kerabatnya membencinya. Mereka pikir Yusuf lebih mencintai mereka. Kakak beradik itu merencanakan cara untuk menyingkirkan Yusuf karena mereka iri. Yehuda, putra keempat Nabi Yaqub menasehati mereka untuk melemparkan Yusuf ke dalam kolam agar orang-orang menemukannya, dan dia menjadi budak.

Kisah Singkat Nabi Yusuf As

4 Sumur Saudara – Saudara-saudara Yusuf menyetujui rencana Yehuda. Keesokan harinya, saudara-saudara Yusuf meminta kepada Nabi Yaqub agar memperbolehkan Yusuf bermain bersama mereka dan pergi ke tepi hutan menikmati pemandangan. Awalnya Yaqub enggan namun setelah meyakinkan anak-anaknya, Yaqub mengizinkan mereka bergabung dengan Yusuf. Sesampainya di tempat yang dituju, mereka berlari dan akhirnya mendekati sumur dan turis suka lewat. Saat ia berada di dekat sumur, kerabat Yusuf melemparkannya ke dalam sumur. Mereka juga mengambil pakaian dari Yusuf. Ketika mereka kembali, mereka memberi tahu Yakub bahwa Yusuf telah dibunuh dan membawakan pakaian Yusuf yang berlumuran darah palsu. . Yaqub tidak percaya dengan cerita itu.

Modul Pai Kelas 3 Bab 6

5 Kemudian perkembangan Yusuf Yusuf ditemukan oleh para musafir dan dijual kepada seorang menteri di Mesir bernama Qitfir Al Aziz. Qitfir membeli Yusuf untuk membantu istrinya, Zulaikha, dalam mengurus kebutuhan rumah tangga. Pada akhirnya mereka mengangkat Yusuf sebagai anak, ketika Yusuf besar, dia tampan dan baik hati, Zulaikha mulai menyukai Yusuf. Ketika Qitfir meninggalkan kota, Zulaikha membawa Yusuf ke kamarnya dan membujuknya, Yusuf menolak dan berusaha melarikan diri. Namun Zulaikha menarik baju Yusuf dan merobek punggungnya.

6 Ketika Yusuf membuka pintu kamar, Qitfir berdiri di depannya dengan bingung. Zulaikha kemudian menuduh Yusuf melakukan sesuatu untuk melindungi dirinya. Yusuf kesal dan menuduh Zulaikha. Qitfir bingung dan bertanya kepada kakaknya Zulaikha yang selalu berkata jujur. Kakak Zulaikha berkata, “Jika baju Yusuf robek di bagian depan, maka istrimu benar. Tetapi, jika baju Yusuf robek di bagian belakang, maka Yusuf benar.” Kemudian Qitfir melihat baju Yusuf dan melihat bagian belakangnya robek. Qitfir menyuruh Yusuf untuk tidak membocorkan kejadian ini.

7 Meski dirahasiakan, peristiwa ini dipublikasikan dan Zulaikha menjadi bahan perbincangan. Kemudian Zulaikha mengundang seorang wanita – wanita yang mendengar tentang dirinya. Dia mengambil tempat duduk dan pisau untuk memotong buah. Lalu Zulaikha menyuruh Yusuf keluar dan memperlihatkan dirinya. Kemudian para tamu Zulaikha dikejutkan dengan ketampanan Yusuf dan tanpa sengaja jari mereka terluka. Lalu wanita itu berkata “Allah Maha Sempurna, ini bukan manusia, sesungguhnya ini hanyalah malaikat yang di muliakan.” Zulaikha mengatakan dia melakukannya karena Yusuf, katanya jika Yusuf tidak melakukannya. menuruti apa yang diperintahkan Yusuf namun nyatanya Yusuf berdoa agar dia dipenjara daripada melakukan apa yang diperintahkannya.

8 Pada akhirnya doa Yusuf terkabul dan pada akhirnya Yusuf dipenjara karena Qitfir harus menjaga nama baiknya dan dia memutuskan untuk memisahkan Zulaikha dan Yusuf karena kejadian tersebut. Yusuf dibawa ke pengadilan dan Qitfir berharap Yusuf kalah di pengadilan dan masuk penjara. Yusuf berusaha bersabar menghadapi ujian ini dan berdoa kepada Tuhan agar memberinya kesabaran dan kekuatan. Namun Yusuf tetap bersyukur berada di penjara, karena di dalam penjara Yusuf bisa tenang dan jauh dari kesusahan Zulaikha.

Nabi Yusuf As

9 Yusuf diangkat menjadi nabi oleh Allah setelah melalui banyak cobaan dan ia mendapatkan hasil yang luar biasa, salah satunya adalah tafsir mimpi. Nabi Yusuf diperintahkan untuk menyeru umat agar membela keadilan, melawan rasa takut, rendahnya disiplin, dan saling mencintai. Nabi Yusuf memulai kiprahnya dengan berdakwah kepada para tahanan.

10 Nabi Yusuf bertemu dengan dua orang hamba raja, yang dipenjarakan karena tidak menaati perintahnya. Kedua pelayan itu mempunyai mimpi yang berbeda. Ketika mereka menceritakan mimpi itu kepada Yusuf, Yusuf memberitahukan hamba yang pertama bahwa ia akan dibebaskan, dan bahwa ia akan mengabdi kepada raja: bahwa hamba yang lain dan hamba yang kedua akan dibunuh. Penjelasan Yusuf benar, ketika hamba pertama ingin Yusuf pergi ia memintanya untuk menceritakan kepada raja tentang mukjizat yang dilakukannya. Namun hamba itu lupa karena setan. Suatu hari, raja Mesir bermimpi melihat 7 ekor sapi gemuk dimakan oleh 7 ekor sapi kurus dan 7 biji padi-padian hijau serta 7 buah nasi kering. Raja mengumpulkan penafsir mimpi di Mesir, namun tidak satupun dari mereka yang bisa menafsirkan mimpinya. Ketika hamba itu mendengar hal itu, ia teringat akan seorang laki-laki yang bisa menafsirkan mimpi bernama Yusuf. Hamba itu menceritakan kepada raja tentang Yusuf dan raja mendapat izin untuk menanyai Yusuf. Ketika hamba itu menemui Yusuf, ia bertanya tentang arti mimpi raja. Joseph mengatakan Mesir akan mengalami 7 tahun kelimpahan dan 7 tahun kekeringan. Server bertanya bagaimana cara mengatasinya. Yusuf mengatakan bahwa mereka akan menyimpan hasil panen gandum mereka di musim berlimpah untuk persiapan menghadapi musim kemarau panjang.

Ketika para pelayan itu kembali dan menceritakan kepada raja tentang Yusuf. Raja berkenan dan ingin melepaskan Yusuf. Akhirnya Baginda teringat akan orang yang memenjarakan Yusuf, dan kali ini Zulaikha mengakui bahwa dialah yang melakukan kesalahan tersebut. Pada akhirnya Yusuf dibebaskan dan menjadi orang kepercayaan raja.

Agar situs web ini berfungsi, kami mencatat data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami.

Kisah Nabi Yusuf Lengkap Dari Masa Kecil Hingga Wafat

Kisah nabi isa as singkat, kisah nabi ibrahim as singkat, kisah nabi yusuf secara singkat, kisah nabi nuh as singkat, kisah nabi yusuf as singkat, cerita singkat kisah nabi yusuf, kisah nabi yusuf as, kisah keteladanan nabi yusuf singkat, kisah nabi yusuf singkat, kisah nabi isa as singkat dan lengkap, kisah teladan nabi yusuf singkat, kisah nabi yusuf as lengkap

About admin

My name is Rafi, and I started this WEBSITE to keep track of what I want to write and to share my experiences with everyone. By posting it on the blog, I hope it will be valuable to many people.

Check Also

Cincin Nabi Sulaiman Dan Tongkat Nabi Musa

Cincin Nabi Sulaiman Dan Tongkat Nabi Musa – Nabi Sulaiman merupakan salah satu nabi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *