Kisah Nabi Harun Secara Singkat

Kisah Nabi Harun Secara Singkat – – Kisah Nabi Harun sering diceritakan kepada anak-anak. Tak hanya mengenal Nabi ke-15, tapi juga mengajarkan nilai-nilai selayaknya yang dimiliki Rasulullah SWT.

Siapakah Nabi Harun, kisah perjalanannya menjadi nabi, dan apa contoh yang bisa diambil dari tokohnya? Anda pasti penasaran, sebelum Anda menerapkannya dalam kehidupan Anda sendiri atau menceritakannya kepada orang lain, sebelum itu Bacalah kisah Nabi Harun dan mukjizatnya di bawah ini.

Kisah Nabi Harun Secara Singkat

Nabi Harun lahir pada tahun 1531 SM, nama ayahnya adalah Imran dan nama ibunya adalah Yukabid. Mereka berdua dikaruniai tiga orang anak, yakni Maryam, Harun, dan si bungsu bernama Musa.

Nama Kaum Nabi Ilyas: Sejarah Singkat Dan Lokasi Dakwah Beritaku

Silsilah menyebutkan Nabi Harun merupakan keturunan Nabi Ibrahim yang namanya berdasarkan silsilah adalah Harun bin Imran bin Quhat bin Lawi bin Yakub bin Ishaq bin Ibrahim.

Beliau merupakan salah satu bani Israil yang pertama kali hidup pada masa dakwah Nabi Yakub. Pada masa kecilnya ia berada di bawah bimbingan Fir’aun, namun untungnya saat itu belum ada ketentuan dari Raja untuk membunuh anak tersebut.

Dalam dakwah Islam, perjalanan Nabi Harun bersama Nabi Musa karena keduanya diutus Allah SWT menjadi nabi dan dijelaskan dalam Al-Qur’an.

Orang pertama yang menjadi nabi adalah Musa, namun pada masa mudanya ia mengalami kecelakaan, karena memakan arang yang membuat lidahnya sakit saat berbicara.

Kisah Nabi Yang Dipercaya Akan Hidup Hingga Akhir Zaman: Namun Di Mana Nabi Khidir Sekarang?

Hal ini justru membuatnya kesulitan dalam berdakwah, sehingga Nabi Musa meminta kepada Allah SWT untuk mencarikannya sebagai pendamping mengajar.

1. Dalam Surat At-Taha ayat 25-34 dijelaskan bahwa pada saat itu Nabi Musa memohon kepada Allah agar pengajarannya dimudahkan. Salah satunya adalah untuk membuat orang mengerti apa yang dia katakan, karena lidahnya tidak normal seperti orang normal karena kecelakaan yang dia alami di masa mudanya.

2. Dalam surat Al-Qashash ayat 34 juga dijelaskan bahwa Nabi Musa meminta kepada Allah agar Nabi Harun menemaninya dalam dakwahnya.

3. Nabi Harun menyampaikan deklarasinya kepada Nabi Musa, beliau selalu menjadi juru bicara saudaranya ketika menyebarkan ajaran Islam kepada bani Israil.

Dakwah Nabi Musa Kepada Fir’aun

4. Nabi Harun memberikan pengertian dan mengajarkan kepada bani Israel yang saat itu masih menyembah berhala untuk mulai beribadah kepada Allah SWT. Inilah cerpen Nabi Harub yang bisa diceritakan semua orang.

5. Kedua nabi utusan Allah SWT berdakwah bersama-sama, termasuk berdakwah kepada Fir’aun. Meski Fir’aun keberatan dan menolak beribadah kepada Allah SWT, Nabi Musa dan Nabi Harun terus berusaha menyadarkannya.

Namun upaya tersebut tidak berhasil pada Firaun yang menyebut dirinya Tuhan, setelah terjadinya peristiwa pertarungan kekuatan gaib antara penyihir Firaun dengan Nabi Musa. Yang diraih Nabi adalah jumlah Bani Israel yang beriman kepada Allah SWT bertambah.

6. Nabi Harun juga menjadi pemimpin sementara bani Israel yang kembali ke jalan yang benar. 40 hari atau hingga Nabi Musa diturunkan di Gunung Tursina, ia berusaha membujuk bani Israil agar tidak kembali kepada berhala.

Kisah Dan Mukjizat Nabi Harun, Juru Bicara Nabi Musa Yang Setia

Namun pada masa kepemimpinannya, dalam kasus Nabi Harun, ada yang kembali menyembah berhala dan hal ini menyebabkan kesalahpahaman Nabi Musa. Namun pada akhirnya semua permasalahan dapat terselesaikan dengan izin Allah SWT

7. Diakhir khutbahnya, Nabi Harun mendapat pertentangan ketika ia dan Nabi Musa memasuki wilayah Kanaan, sehingga mereka berangkat bersama-sama ke perbatasan Edom, khususnya Gunung Hor.

Di puncak gunung, Nabi Harun menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 123 tahun, tepatnya pada tahun 1408 SM, saat Nabi Musa masih hidup dan melanjutkan dakwahnya kepada orang-orang yang beriman kepada Allah SWT.

Berdasarkan berbagai sumber, ada beberapa mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Harun. Dari kemampuannya berbicara, hingga pohon dan tempat tidur tempat dia meninggal.

Kisah Qarun Yang Hidup Pada Zaman Nabi Musa As: Legenda Harta Karun

Allah SWT memberikan mukjizat bisa berbicara dan berdakwah kepada Nabi Harun, hal inilah yang menjadi salah satu alasan beliau menjadi juru bicara Nabi Musa ketika berdakwah. Ingat kondisi lidah Nabi Musa yang terbakar batu bara saat masih kecil, saat memilih dua hal di hadapan Fir’aun.

Saat itu, Nabi Musa dicurigai oleh Fir’aun sebagai anak yang sakti dan akan membinasakan dirinya. Ketika masih muda, ia diminta memilih sesuatu yang ada di hadapannya dan Nabi Musa memilih arang.

Selama 40 hari Nabi Musa berangkat menerima wahyu dari Allah di Gunung Tursina, Nabi Harun Diangkat menjadi pemimpin Bani Israil yang bertaubat. Saat itu, beliau mencegah umatnya untuk kembali ke jalan yang salah.

Namun karena dorongan dari seorang anak laki-laki Israel bernama Samiri, banyak yang kembali menyembah berhala. Sehingga Nabi Haru harus kehilangan banyak umatnya selama 40 hari tersebut.

Khutbah Jumat Singkat: Luangkan Waktu Untuk Ibumu

Setelah Nabi Musa kembali dari Gunung Tursina untuk menerima wahyu dari Allah SWT, Nabi Musa dan Nabi Harun berperang karena banyak umat Israel yang kembali menyembah berhala.

Pada mulanya janggut Nabi Harun hanya berwarna hitam, namun ketika Nabi Musa mencabutnya dan kain yang sobek itu hilang, maka berubahlah menjadi putih. Setelah itu janggutnya berubah menjadi dua warna yaitu hitam dan putih.

Saat anda sudah berada di puncak Gunung Hor yang kini bernama Gunung Harun, penjelasan kisah Nabi Harun selanjutnya dari sumber Alquran dan Hadist menyebutkan bahwa di puncak gunung tersebut terdapat sebuah pohon.

Pohon ini belum pernah dilihat oleh Nabi Harun, Nabi Musa dan lain-lain. Bahkan kolong rumah yang ada tempat tidurnya pun baunya sangat harum.

Kisah Nabi Harun As

Nabi Harun yang kelelahan memutuskan untuk beristirahat di tempat tidur, kemudian ajal menjemputnya saat ia sedang tidur. Setelah itu, pohon itu otomatis berpindah dan kasur serta Nabi Harun yang berada di atasnya pun naik ke surga.

Setiap nabi dan rasul Allah SWT mempunyai kemuliaan tersendiri yang patut dijadikan teladan. Seperti Nabi Harun, banyak contoh yang bisa ditiru.

Nabi Harun adalah sosok yang berkepribadian menghargai siapa pun, baik muda maupun tua

Saat menghadapi masalah, dia masih sangat sabar. Salah satunya melihat ketika ia berdakwah dan ditolak oleh bangsa Israel namun ia tetap berusaha memberikan penjelasan dengan sabar

Kisah Nabi Daud As Singkat Dan Lengkap

Bekerja sama dengan Nabi Musa dalam berdakwah merupakan contoh yang baik, yang patut ditiru oleh siapa pun. Akan bekerja sama dalam hal yang baik. Jangan egois dan merasa benar, ajarkan teladan kisah Nabi Harun kepada anak anda agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Mempunyai ilmu yang tinggi tidak menjadikan Nabi Harun sombong, beliaulah yang berada di belakang untuk menjelaskan apa yang beliau ketahui. Cara yang beliau berikan juga bijaksana agar orang tidak marah dengan perkataannya.

Bagaimana pendapat anda tentang kisah Nabi Harun? Sangat menginspirasi bukan? Banyak sekali kebaikan yang bisa dipetik dari masa mudanya hingga menjadi seorang Nabi Allah SWT yang dapat dijadikan acuan dan rujukan dalam menciptakan sikap positif.

Jangan lupakan cerita lainnya yang pastinya akan sangat menginspirasi. Bukan hanya diri Anda sendiri, tapi bagi mereka yang bisa mendengar dan menerapkan teladannya dalam hidup.

Nabi Harun Arsip

Kisah nabi harun singkat padat dan jelas, rangkuman kisah nabi harun, kisah tentang nabi harun, cerita singkat nabi harun, kisah teladan nabi harun, kisah nabi nuh singkat, kisah nabi nuh secara singkat, kisah nabi harun as, kisah nabi harun, kisah nabi harun alaihissalam, kisah nabi harun as singkat, kisah nabi harun singkat

Check Also

Kisah Nabi Yunus Dan Ikan Paus

Kisah Nabi Yunus Dan Ikan Paus – Home / Kisah Islami / Kisah Indah Teladan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *