Cerita Singkat Kisah Nabi Musa

Cerita Singkat Kisah Nabi Musa – Kisah Musa dan Fir’aun – PORTAL JOGJA – Diketahui bahwa Musa dan Harun adalah nabi yang diutus Allah SWT untuk mengajak bangsa Israel ke Mesir untuk beribadah kepada Allah SWT. Kedua nabi tersebut merupakan keturunan dari anak keempat Nabi Yakub.

Saat itu Mesir diperintah oleh para firaun dan penduduknya terdiri dari orang-orang Kubut yang memegang jabatan tinggi. Dan orang Mesir lainnya, Israel, keturunan nabi Yakub bekerja sebagai pelayan.

Cerita Singkat Kisah Nabi Musa

Pada masa pemerintahan Firaun, diktator yang kejam itu sangat tidak manusiawi sehingga dia banyak minum, makan terlalu banyak, dan mengira dirinya adalah Tuhan. Awal kehidupan Nabi Musa dimulai ketika putri Firaun menemukan bayi Musa di Sungai Nil, kemudian dibesarkan oleh istri Firaun, Asia, hingga Musa kemudian diberi nama Pangeran Musa ben Firaun.

Hikmah Kisah Nabi Musa

Yang tak kalah menariknya adalah perjalanan hidup Nabi Musa saat berperang melawan Fir’aun. Dari buku MB “25 Kisah Nyata Nabi dan Rasul”. Lahimcia Ar.

Namun, Musa membela bangsa Israel dan Kabyle tidak mau berkompromi, sehingga Musa membunuh Kabyle. Musa terlihat melindungi bangsa Israel hingga Musa melapor kepada Firaun.

Ketika Firaun melihat hal itu, dia melarikan diri ke Midian. Suatu hari Musa kembali ke Mesir untuk berdakwah, bertemu kembali dengan Firaun dan mengajaknya beribadah kepada Tuhan.

Saat itu Firaun menertawakan dan menertawakan Musa karena sudah dewasa, namun kini ia ingin menantang ayah angkatnya karena mengira Musa tidak tahu bagaimana membalas kebaikannya.

Nabi Musa Dan Dakwahnya Kepada Penguasa Yang Dzalim

Pertengkaran antara Musa dan Firaun tentang kebesaran Tuhan pun tak terelakkan hingga akhirnya terjadilah peperangan antara Musa dan Firaun. Suatu ketika Musa melemparkan tongkatnya ke arah Firaun. Akibatnya, tongkat Musa berubah menjadi ular dan merangkak ke arah Firaun. Firaun sangat ketakutan sehingga ia lari dan meminta Musa mengembalikan ular itu.

Ular aneh yang ditangkap Musa langsung berubah menjadi tongkat. Musa melakukan segala mukjizat yang dimiliki Musa dengan berbagai cara untuk membuat Firaun masuk Islam dan menyembah Tuhan.

Firaun mengira Musa menggunakan ilmu gaib, maka Firaun memanggil semua ahli sihir di negeri itu untuk berperang melawan Musa. Perang pecah dan para ahli melepaskan semua sihir mereka dengan melemparkan tali dan tongkat.

Begitu talinya jatuh, tongkat itu langsung berubah menjadi ribuan ular kecil. Musa juga tak kalah cerdiknya, ia melempar tongkat dan tongkat itu berubah menjadi ular besar.

Mukjizat Nabi Musa Adalah Apa? Ini Penjelasan Lengkap Dan Kisah Hidupnya

Seekor ular memakan ular penyihir itu. Setelah para penyihir menyadari kesalahannya dan bertobat, mereka ingin menjadi pengikut nabi Musa dan beribadah kepada Tuhan.

Ketika melihat para penyihir itu telah menjadi pengikut nabi Musa, maka Fir’aun sangat marah dan mengancam akan menyiksa para penyihir itu melebihi batas kemampuan manusia.

Ancaman Firaun tidak menyurutkan semangat para penyihir yang tetap menjadi pengikut Musa. Sejak saat itu, masyarakat Mesir terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menyembah Firaun dan kelompok pengikut Musa.

Seiring berjalannya waktu, jumlah pengikut nabi Musa bertambah karena ajaran Musa jelas dan ia kemudian dianggap seperti yang lain sebagai ciptaan Tuhan. Di saat yang sama, perilaku Firaun menjadi semakin kejam dan brutal.

Hikmah Di Balik Kisah Perjalanan Nabi Musa Dan Nabi Khidir

Musa pun tak tinggal diam melihat kejadian tersebut, namun bukan berarti ia akan membalas dengan cara memukul atau menggunakan kekerasan seperti yang dilakukan Fir’aun. Firaun mendapat pahala dari Tuhan atas perbuatannya, Mesir mengalami kekeringan parah yang menyebabkan beberapa bencana.

Mulai dari tanaman mati, kemarau panjang, topan, hingga air Mesir yang berubah menjadi darah, wabah penyakit menyebar dan membunuh banyak orang, termasuk anak-anak Firaun.

Hukuman Tuhan begitu pedih sehingga Firaun menjadi gugup dan meminta Musa untuk membatalkannya. Ketika Firaun berjanji kepada bangsa Israel untuk pergi bersama Musa ke Mesir, nabi Musa ingin berdoa kepada Tuhan agar hukumannya dicabut.

Namun setelah hukuman selesai, Firaun mengingkari janjinya dan tetap tegas serta terus menyiksa bangsa Israel. Ketika Musa melihat hal ini, dia mengundang orang Israel untuk meninggalkan Mesir semalaman, agar Firaun tidak mendengarkan.

Kisah Pertarungan Nabi Musa Dan Penyihir Firaun

Akhirnya Firaun mengetahui kepergian Musa dan timnya, dan akhirnya Firaun dan timnya mengikutinya ke Mesir. Suatu hari Musa dan kelompoknya tiba di Laut Merah.Ketika Firaun dan timnya tiba di Mesir dimana Musa dan rombongannya ditempatkan, Musa dan kelompoknya mulai panik. Dia akan membunuh mereka.

Dalam situasi ini, Musa mengambil beberapa tindakan untuk menyelamatkan dirinya dari serangan Firaun dan pasukannya yang harus memotong tongkat kerajaan di permukaan Laut Merah.

Pada saat Laut Merah terbelah, Musa dan para pengikutnya menyelamatkan diri dengan berjalan melintasi Laut Merah yang dibelah oleh tongkat Musa.

Tidak mau gagal, Firaun dan pasukannya mengikuti Musa dan para pengikutnya melintasi Laut Merah yang dulunya terbelah. Insya Allah Firaun dan timnya akhirnya gagal dan tenggelam di Laut Merah. Musa dan para pengikutnya menyelamatkan diri dan dilindungi oleh Tuhan. ***

U Must B Lucky: Nikmat Mana Lagi Yang Engkau Dustakan?

Ganjil genap Jakarta berakhir hari ini (Rabu 1 Maret 2023) dengan lokasi dan waktu valid 26 titik

Tautan Langsung TV Online Cremonese vs AS Roma Serie A Gratis Bein Sport, Nie Yalla Tembak, Score808 Nabi Musa AS adalah seorang nabi yang lahir pada masa pemerintahan tirani Firaun. Pada saat itu, Firaun dianggap sebagai raja yang sombong dan kejam yang mengira dirinya adalah dewa.

Ketika Firaun mendengar hal itu, dia memerintahkan pasukannya untuk membunuh semua bayi yang baru lahir di Mesir. Itu untuk menghentikan mimpinya menjadi kenyataan. Perkataan tersebut pun terdengar oleh ibunda Nabi Musa AS yang saat itu sedang mengandung Musa. Ia sangat khawatir anaknya yang lahir laki-laki akan dibunuh oleh tentara Firaun.

Ketika Nabi Musa AS lahir, Allah mengilhami ibu Musa untuk memandikan Musa di sungai. Sebagaimana disebutkan dalam Surat al-Qashash ayat 7 Al-Qur’an, Tuhan memberikan wahyu. Allah berfirman:

Ketika Nabi Musa Memperlihatkan Tangannya Yang Bersinar Kepada Firaun

Kami terinspirasi dari ibu Musa: “Biarkan dia tidur, dan jika kamu marah padanya, lemparkan dia ke sungai (Nil). Jangan khawatir, (juga) jangan khawatir, karena Kami akan mengembalikannya kepadamu dan jadikanlah dia (salah satu rasul).

Menurut Mahfan, S.Pd Kisah Nabi dan Rasul 25, pada saat itulah Musa dibuang ke sungai Nil dalam peti mati yang terapung di sepanjang sungai Nil. Kotak tersebut konon dibawa ke kolam renang di istana firaun dan ditemukan oleh seorang pelayan istri firaun.

Melihat Musa kecil, istri Fir’aun Siti Asiya terlihat sangat bahagia dan membawa Musa kecil ke istana. Di sana Asia memohon kepada Firaun untuk menerima Musa sebagai putranya.

Awalnya Firaun ingin membunuh bayi Musa, namun istrinya menghentikannya. Dengan berat hati dan karena rasa cinta pada istrinya, akhirnya Fir’aun bertemu dengan istri tercintanya. Saat itu istri Firaun dalam keadaan mandul, sehingga Asiyah sangat gembira ketika melihat kota Musa. Sejak saat itu Musa resmi menjadi anak angkat Firaun dan Sidiasi.

Tuliskan Kisah Singkat Keteladanan Nabi Saleh A.s ​

Kekuasaan Tuhan begitu nyata pada diri Nabi Musa dan keluarganya ketika Musa bisa kembali ke rahim ibunya. Saat itu, istri Firaun memanggil semua ibu menyusui untuk menyusui bayi Musa, namun bayi Musa selalu menolak. Lagi pula, anak Musa tidak meminum susu wanita mana pun, kecuali susu ibunya. Allah menjelaskan hal ini dalam ayat 13 surat Al-Qashash.

Maka Kami kembalikan Musa kepada ibunya, agar hatinya gembira dan bukannya sedih, dan mengetahui bahwa janji-janji Allah itu benar, tetapi banyak yang tidak mengetahuinya.

Sejak saat itu, ibu kandung Musa merasa tenteram, meski anaknya akan diangkat anak oleh Fir’aun dan istrinya. Bahkan ibu kandung Moussa mendapat gaji dari negara karena ingin Moussa menjadi A. Kuasa Tuhan itulah yang menyelamatkan Musa di masa mudanya dari kekejaman Firaun.

Didukung oleh jaringan penulis, produser video, dan editor yang membutuhkan dukungan setiap hari untuk memproduksi konten. Kami sangat berterimakasih jika anda mau memberikan kontribusi kecil untuk mendukung kerja kami dalam menghasilkan artikel, video atau infografis yang mengedukasi masyarakat tentang ajaran Islam yang baik, toleran dan inspiratif. Itulah mengapa ini sangat berguna dan menginspirasi. Kehidupan pada masa pemerintahan Firaun sangatlah kejam. Saat itu, Firaun bermimpi kerajaannya terbakar habis. Menurut para ahli tafsir mimpi, akan ada keturunan Bani Israel yang akan menghancurkan kekuasaannya.

Kisah Nabi Musa Dan Si Penggembala Kambing

Tentu saja, ceritanya Firaun melakukan sesuatu yang lain dan membunuh setiap keturunan Israel yang baru lahir. Untungnya, ibu Musa, Yuchabad, menyelamatkan Musa dengan mandi di Sungai Nil.

Anak Musa, Amit Amit, ditemukan oleh Asiyah, istri Firaun. Sejak saat itu Nabi Musa diterima oleh Asia dan Firaun. Nabi Musa pun tumbuh menjadi pria dewasa yang mau membantu orang lain. Saat itu terjadi pertempuran antara pangeran Kibuti dan Bani Israel. Secara kebetulan, nabi Musa membunuh kaum Quibit.

Musa merasa bersalah dan meninggalkan Mesir. Karena jika tidak, tentara Firaun akan menangkap dan menghukumnya. Bagaimanapun, banyak hal yang terjadi selama perjalanannya. Ia menikah dengan putri Nabi Shuaib

Nabi Harun, sepupu Nabi Musa, ditahbiskan menjadi nabi. Mereka kembali menghadap Firaun dengan maksud mengajaknya bertaubat dan beribadah kepada Tuhan. Firaun sangat menentang ajakan ini. Bahkan Firaun memberi kesaksian kepada nabi Musa tentang kebesaran Tuhan.

Yuk, Simak 5 Kisah Nabi Ulul Azmi Secara Singkat!

Nabi Musa dengan penuh percaya diri menunjukkan mukjizat yang diberikan Tuhan kepadanya. Dia meletakkan tongkatnya dan tongkat itu berubah menjadi ular. Firaun sangat terkejut sehingga dia melompat turun dari singgasananya dan meminta Musa memanggil ular itu.

Cerita kisah nabi musa singkat, kisah nabi musa as, kisah nabi musa lengkap, kisah nabi musa secara singkat, kisah teladan nabi musa singkat, kisah nabi musa, kisah singkat nabi musa alaihissalam, kisah singkat nabi musa as, kisah dakwah nabi musa singkat, kisah nabi musa singkat pdf, kisah nabi musa singkat, kisah tentang nabi musa singkat

Check Also

Kisah Nabi Yunus Dan Ikan Paus

Kisah Nabi Yunus Dan Ikan Paus – Home / Kisah Islami / Kisah Indah Teladan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *