Kisah Nabi Yunus As Lengkap

Kisah Nabi Yunus As Lengkap – Kisah nabi Yunus menjadi salah satu yang menarik karena beliau mengajarkan umat khususnya umat Islam tentang taubat.

Kisah tentang beliau ini juga disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu dalam Surat Yunus sendiri, tepatnya pada ayat 98.

Kisah Nabi Yunus As Lengkap

Selain itu, kisahnya juga muncul dalam Surat Al Anbiya’ ayat 87 hingga 88 Surat As Saffat ayat 139 hingga 148. Terakhir, ia juga disebutkan dalam Surat Al Qalam ayat 48 hingga 50. Berikut ini cerpen nabi Yunus yang dapat anda baca.

Buku Halo Balita: Kisah…

Diketahui bahwa nabi Henokh hidup setelah zaman Elias dan Elias, atau sekitar abad kedelapan Masehi. Ia juga dikenal dari Syam, atau Palestina.

Dia bertugas berdakwah kepada masyarakat Niva. Untuk memenuhi misinya, nabiah Eunike melakukan perjalanan jauh melalui gurun yang luas dan gersang.

Ketika sampai di tempat tujuannya, ia melihat bagaimana masyarakat disana hidup dalam kekafiran. Mereka menyembah berhala, dan nabi Yunus dianggap orang asing di sana. Ketika nabi Henokh mulai berkhotbah, orang-orang mengejek dan mengejeknya.

Penduduk Niniwe tidak memedulikan khotbah yang disampaikan nabi Henokh. Jelas mereka merasa nabi Henokh telah menghina agama nenek moyang mereka. Dengan respon yang tidak menyenangkan seperti itu, Nabi Kasim masih bisa bersabar.

Kaum Ninawa Menentang Nabi Yunus

Setelah berdakwah kurang lebih 33 tahun, Nabi Henokh berhasil membujuk dua warga sekitar bernama Rubih dan Tanul. Suatu hari nabi Henokh merasa tidak sabar menghadapi penduduk Niniwe yang keras kepala.

Dia bermaksud meninggalkan mereka, dan setelah dia pergi, penduduk Niniwe akan binasa. Menerima hukuman seperti itu, mereka memohon ampun, lalu bertaubat, dan menyesali perbuatan yang telah mereka lakukan terhadap mereka.’ Nabi Yunus.

Sayangnya, hal ini tidak membuat nabiah Eunike mundur. Dia suka pergi ke pelabuhan dan berlayar. Meski begitu, Allah SWT tidak memerintahkannya untuk meninggalkan umatnya sendirian.

Ketika Nabi Yunus tiba di pelabuhan, cuaca sangat cerah. Oleh karena itu, lambung kapal memungkinkan Nabi Yunus untuk menaikinya, meski memang kelebihan muatan.

Kisah Nabi Ayub As Dan Yunus As

Meski masih dini hari, cuaca berubah buruk setelah kapal Eunice sampai di tengah laut. Awan hitam muncul, bergulung melawan angin, dan muncul gelombang besar, membuat kapal tidak stabil.

Menghadapi kondisi tersebut, Nabi Yunus mengajak semua orang di kapal untuk bermeditasi. Namun, para pemain ski segera meminta para penumpang untuk membuang semua barang yang mereka bawa ke laut. Tujuannya untuk mengurangi beban agar kapal stabil kembali. N

Sayangnya, fakta yang terjadi tidak sesuai harapan. Dengan enggan, sang kapten memutuskan untuk mengurangi jumlah penumpang. Siapa yang harus turun akan ditentukan oleh nomornya.

Kapten kapal meminta seluruh penumpang menuliskan namanya, termasuk Nabi Yunus. Begitu proses pemungutan suara dimulai, justru muncul nama Nabi Yunus yang harus turun dari kapal.

Kisah Nabi Yunus As

Pemilihan diadakan dua kali, dan nama nabi Yunus muncul beberapa kali. Penumpang yang lain keberatan, namun Nabi Yunus dengan setia menerima hasil undian tersebut.

Karena kalah dalam pemilihan, Nabi Yunus kemudian menyebut nama Allah SWT lalu menceburkan diri ke laut. Salah satu cerita mengatakan bahwa setelah nabi Henokh melakukan hal itu, cuaca menjadi cerah dan laut kembali tenang.

Nabi Yunus tersapu ombak dan Allah SWT memerintahkan seekor ikan paus mendekat dan menelannya. Paus selama ini mengikuti perintah, Nabi Yunus tinggal di dalam perut ikan yang gelap.

Dia pikir dia sudah mati. Namun Allah SWT memberitahunya bahwa dia kini berada di dalam perut ikan. Mengetahui hal tersebut, Nabi Yunus membungkukkan badannya kepadanya, dan tak lama kemudian ia mendengar teriakan penduduk laut.

Cerita Anak Islami

Hal ini menyadarkannya akan kesalahan yang telah diperbuatnya. Ia menyadari bahwa membiarkan kaumnya dalam keadaan marah adalah tidak benar, sehingga Allah SWT menghukumnya dengan memasukkannya ke dalam perut ikan.

Nabi Yunus merasa sedih, namun ia tidak henti-hentinya meminta maaf dan berdzikir kepada Allah SWT. Ia diketahui hidup di dalam perut ikan hingga 40 hari.

Allah SWT menerima taubat Nabi Yunus lalu memerintahkan ikan paus untuk memuntahkannya. Hal ini membuatnya terjebak dalam arus. Badannya lemas dan sakit-sakitan karena tinggal di perut ikan membuatnya kekurangan gizi.

Nanti Allah SWT menanam labu yang daunnya tebal dan bisa dijadikan peneduh. Allah SWT pun memerintahkan nabi Yunus untuk memakan buah pohon itu. Namun konon pohon tersebut tidak akan bertahan lama dan lama kelamaan akan layu.

Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus Karena Lakukan Kesalahan Ini

Keringnya pepohonan menyebabkan nabi Yunus menangis. Allah SWT kemudian memerintahkan Nabi Yunus untuk kembali ke masyarakat Ninawa sekaligus menyampaikan kepada mereka bahwa Allah SWT telah menerima taubat mereka dan Nabi Yunus memang telah menaatinya.

Setelah ditinggalkan oleh nabi Henokh, beberapa hari kemudian masyarakat Niniwe melihat awan hitam menutupi langit, disertai petir dan angin kencang. Akibatnya, ladang, lahan pertanian, bahkan rumah warga Ninawa pun ikut dibersihkan.

Tak hanya itu, Allah SWT bahkan mengguncang kawasan tersebut dengan gempa dahsyat. Dengan hukuman seperti itu, penduduk Niniwe sadar bahwa peringatan tidak ada nabi Henokh bukanlah sebuah lelucon.

Untuk itu mereka bertaubat dan mengagungkan nama Allah SWT serta memohon perlindungan. Mereka pun mencari nabi Henokh, namun sayangnya mereka tidak menemukannya.

Bacaan Doa Nabi Yunus As Ketika Mengalami Musibah, Bahasa Arab Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Pertobatan penduduk Niniwe sangatlah serius. Padahal, seluruh lapisan masyarakat bersungguh-sungguh saat menyebut nama Allah SWT. Ketika Nabi Yunus kembali kepada mereka, mereka menyambutnya dengan gembira.

Pada akhirnya Allah SWT memberkahi umat serta kenikmatan hidup hingga waktu tertentu. Peristiwa kembalinya Nabi Yunus juga diriwayatkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an khususnya pada Surat Ash Shaffat ayat 147-148.

Meski mendapat teguran dari Allah SWT karena meninggalkan penduduk Niniwe padahal tidak diperintahkan, namun kisah nabi Henokh tetap inspiratif. Namun, ia sangat sabar pada awalnya menyerukan kepada masyarakat Kinawa untuk kembali berbuat baik.

Selain itu, kisahnya juga mengajarkan bahwa dzikir akan membantu menenangkan hati bahkan menjadi alasan pertolongan dari Allah SWT.

Kisah Nabi Yunus As A

Selain itu, ia mencontohkan agar segera bertobat ketika menyadari kesalahan yang dilakukannya. Wallahu a’lam bish showab Ikan yang ditelan Nabi Yunus pun ketakutan. Dia melihat semua ikan dan tumbuhan di dasar laut, terus mengatakan bahwa rosario ada di dekatnya. (Kak Nurul Ihsan/)

Buku ini menggambarkan perjuangan besar para nabi dan rasul dalam mengajak orang beriman kepada Allah SWT.

Download e-book anak legal dan cetak 10.000 halaman atas donasi Kak Nurul Ihsan dan tim

Sedekah Jariyah tidak hanya sekedar membangun masjid. Berkontribusi membantu membangun dan mengembangkan website membaca buku anak yang bermanfaat, termasuk Amal Chariya. Hadiah/infaq/sedaka terbaik insya Allah antara lain

Profil Singkat 25 Nabi Dan Rasul: Nabi Yunus As

Pahalanya akan terus mengalir kepada teman-teman donatur hingga mencapai dialambarzah (kuburan) karena donasi sepenuhnya digunakan untuk pembuatan e-book anak terbaru dan pengembangan website menjadi portal digital Free Muslim Kids Online. Menginspirasi dunia demi kemaslahatan masyarakat dan bangsa dalam upaya mendukung program sosial Indonesia, Gerakan Literasi Cerdas.

Pahala shalat tahajud berakhir setelah selesainya shalat. Pahala puasa sunnah terpotong setelah berbuka. Pahala membaca Al-Qur’an hilang setelah berhenti membaca Al-Qur’an. Meski sedekah Jariyah tidak diganggu, bahkan pendonor amalnya pun meninggal dunia.

Hadiah tetap ada bahkan setelah acara amal berakhir, karena semua konten masih tersedia untuk pembaca 24/7, tanpa gangguan, mulai April 2016 hingga sekarang. Ridho, dengan izin Allah Azza wa Jalla .

Nurul Ihsanada adalah motivator gerakan Literasi Cerdas Indonesia, Ketua Yayasan Sebaca Indonesia, pendiri dan pencipta 500 buku anak, bekerja sejak tahun 1991 hingga saat ini bersama CBM Studio. Biografi dan karya buku Kak Nurul Ihsand dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

Mirip Kisah Nabi Yunus, Pria Ini Pernah Ditelan Paus Saat Menyelam

Kisah nabi adam as lengkap, kisah singkat nabi yunus as, kisah nabi ibrahim as lengkap, kisah nabi yunus, film kisah nabi yunus, kisah nabi yunus singkat, kisah hidup nabi yunus, kisah lengkap nabi nuh as, ringkasan kisah nabi yunus, cerita kisah nabi yunus, kisah nabi ismail as lengkap, kisah nabi yunus as

About admin

My name is Rafi, and I started this WEBSITE to keep track of what I want to write and to share my experiences with everyone. By posting it on the blog, I hope it will be valuable to many people.

Check Also

Kisah Nabi Yahya As Secara Singkat

Kisah Nabi Yahya As Secara Singkat – Iblis berkata dengan lantang, “Mukmin favoritku adalah mukmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *