Video Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus

Video Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus – Pernahkah kita merasa segalanya menjadi tidak terkendali dan kita terjebak dalam situasi yang tidak ada jalan keluarnya? Kita melihat masalah-masalah dunia saat ini dan bertanya-tanya bagaimana kita bisa menyelesaikan semuanya. Jika Anda merasa tidak tahu caranya untuk mengatasi masalah ini, belajarlah dari kisah Nabi Yunus.

Kisah Nabi Yunus merupakan kisah abadi yang mengajarkan kepada kita bahwa dengan keimanan dan keimanan yang kuat kepada Allah, segala permasalahan dapat terselesaikan. Tolong beritahu kami lebih banyak tentang kisahnya.

Video Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus

Nabi Yunus bin Matta diutus Allah kepada masyarakat Niniwe, sebuah kota di wilayah Mosul Irak utara. Allah meminta Nabi Yunus untuk berdakwah kepada masyarakat Niniwe.

Kisah Nabi Yunus A.s. Yang Meninggalkan Kaumnya Dan Ditelan Paus

Niniwe sendiri adalah kota besar dan ibu kota Asyur, namun merupakan tempat yang sangat buruk, dengan banyak orang kafir. Yunus menyemangati penduduk Niniwe untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka dan beriman kepada Allah.

Namun masyarakat tidak mendengarkan dakwah Nabi Yunus, dan Nabi meninggalkan mereka begitu saja. Meskipun Yunus adalah seorang nabi, namun ia tetaplah rakyat jelata dan kecewa ketika dakwahnya tidak dihargai dan meninggalkan kota ketika ia tidak mendapatkan apa yang diharapkannya.

Setelah Jonah meninggalkan kota, dia naik kapal. Dia melakukan perjalanan jauh dari tempat dia merasa seperti pingsan di tengah khotbah. Namun, begitu berada di tengah laut, badai melanda dan seluruh kru ketakutan. Para pelaut merasa dewa laut tidak akan menyukainya, sehingga mereka memutuskan untuk membuang salah satu dari mereka ke laut untuk menenangkan badai.

Para awak kapal mempertimbangkan untuk menanyakan seluruh penumpang kapal, namun banyak yang menuding bahwa Yunus lah yang seharusnya dibuang ke laut. Para kru melemparkan Yunus ke laut, berharap itu akan melindungi mereka dan kapal. Sebuah keajaiban Tuhan terjadi pada nabi Yunus.

Kisah Nabi Yunus As Yang Selamat Dari Kegelapan Perut Ikan Paus

Begitu berada di dalam air, sesuatu yang menakjubkan terjadi. Tuhan mengirimkan seekor ikan besar (ada yang bilang ikan paus) untuk menelan Yunus utuh. Yunus dipenuhi dengan keputusasaan yang luar biasa dan tenggelam ke dasar laut.

Yunus bertanya-tanya bagaimana dia bisa selamat dari bencana ini. Bagaimana jalan keluar dari situasi ini? Yunus benar-benar diselimuti kegelapan, kegelapan dalam perut makhluk, kegelapan yang dalam, dan yang terpenting adalah kegelapan keputusasaan.

Beliau sangat religius dan terpanggil menjadi nabi, namun semuanya berubah ketika beliau mempunyai keraguan dan jatuh dalam keputusasaan yang mendalam. Al-Qur’an mengatakan bahwa Yunus “menangis dalam kegelapan”.

Namun ketika ia menangis, Yunus menyadari bahwa Allah telah mengkhianatinya. Dialah yang mengendalikan segalanya. Yunus kemudian meneriakkan syahadat, “Tidak ada Tuhan selain Engkau,” dan meminta pertolongan kepada Allah. Ketika dia meminta pertolongan Tuhan, doanya terkabul.

Nabi Yunus Arsip

Ya, sesuatu yang hebat terjadi ketika Yunus mengakui bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan hanya Allah yang bisa menyelamatkannya. Pertama, paus mulai menyanyikan puji-pujian kepada Allah, kemudian ikan-ikan kecil dan makhluk laut di sekitar paus bergerak maju, dan kemudian puji-pujian kepada Allah bergema dengan lantang.

Paus tersebut kemudian berenang ke permukaan dan membawa Yunus ke pantai. Sama seperti Tuhan menggunakan ikan paus untuk menyelamatkan Yunus dari tenggelam dalam badai dan laut, Dia juga menggunakan ikan paus untuk membawa Yunus kembali ke darat dengan selamat.

Jonah ditinggalkan di pantai dan saat dia berbaring di pasir berjemur di bawah terik matahari, dia merasa mual dan mual. Ketika dia bangun, dia masih tidak tahu apa yang akan terjadi padanya. Belakangan, Allah menanam berbagai tanaman pada Yunus untuk melindunginya dari panasnya sinar matahari.

Nabi Yunus menolak godaan dan memutuskan untuk kembali ke Niniwe setelah kulitnya tidak lagi sakit akibat asam perut ikan paus. Perjalanan ini untuk melihat apa yang terjadi pada kota ini dan penduduknya.

Komik Alkitab Anak: Yunus Di Perut Ikan

Namun, ketika dia tiba di sana, dia terkejut melihat bahwa kota dan penduduknya tidak hancur dan semuanya bertaubat kepada Allah. Pesan itu sampai pada mereka. Mungkin mereka melihat badai dahsyat terjadi di kejauhan dan membayangkan apa yang akan terjadi pada mereka jika mereka tidak bertobat.

Siapa yang menyangka penduduk Niniwe percaya kepada Tuhan ketika ia selamat dari kengerian di dalam perut ikan paus? Setelah semua pencobaan yang dialaminya, Yunus begitu bersukacita atas iman penduduk Niniwe. Pada akhirnya, dia merasa puas bahwa misinya untuk berdakwah telah tercapai. Hikmah dari kisah nabi Yunus adalah doa merupakan unsur terpenting dalam ibadah. Salah satu Rasulullah, Nabi Yunus AS, pernah berdoa kepada Allah agar diberikan jalan keluar dari kesulitan hidup sebagai bentuk taubat kepada-Nya.

Alquran juga memerintahkan umat Islam untuk mendoakan agar keinginannya terkabul dalam QS Ghafir ayat 60.

Artinya: “Dan Tuhanmu bersabda, ‘Berdoalah kepadaku, niscaya aku akan meninggalkanmu.’” Sesungguhnya siapa yang menyombongkan diri dan tidak mau mengabdi padaku, maka dia berada dalam kehinaan, dan kamu masuk neraka. ”(X.Gfir: 60)

Kisah Nabi Yunus Dilempar Ke Laut Dan Ditelan Paus, Ini Doa Yang Dipanjatkan

Dalam salah satu kisahnya, Nabi Yunus meninggalkan umatnya dalam keadaan marah. Sebab, masyarakat Ninawa tidak mau dibujuk untuk beriman kepada Allah.

Nabi Yunus menaiki kapal bersama para pengikutnya. Namun Nabi Yunus harus dibuang ke laut setelah beberapa kali diundi. Pasalnya, kapal yang ditumpanginya kelebihan muatan dan hampir tenggelam.

Apalagi atas izin Allah, ia mampu bertahan hidup ditelan ikan yang berukuran sangat besar tanpa merusak daging dan tulangnya.

Salim bin Abi al-Jad menulis dalam kitab Tafsir Ibnu Kasir bahwa ikan yang besar akan ditelan kembali oleh ikan yang lebih besar lagi, sehingga kegelapan menjadi berlipat ganda ditambah dengan kegelapan laut.

Kisah Nabi Yunus Dilempar Ke Laut Dan Ditelan Ikan Paus Hingga 40 Tahun

Ketika Nabi Yunus berada di dalam perut ikan besar, beliau mendengar suara manik-manik yang keluar dari ikan besar dan ikan-ikan lain di laut. Saya juga bisa mendengar suara butiran telur ikan yang tak terhitung jumlahnya.

Para komentator juga mengatakan bahwa nabi Yunus mengira dia sudah mati. Namun setelah berhasil menggerakkan anggota tubuhnya, ia langsung bersujud dan berdoa kepada Allah.

Tuhan memberkati. مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Bacaan Latin: Wa żan-nûni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira ‘alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka inīīkunu minaẓ-ẓ

Kisah Nabi Yunus As Di Dalam Perut Paus Dan Doa Yang Dipanjatkannya

Dikatakan ini: “Dan ingatlah ketika anakmu Nun (Yonah) pergi dalam keadaan marah, dia shalat dalam keadaan yang sangat kelam, mengira bahwa kami tidak akan menyulitkannya, kecuali kamu. Tidak ada Tuhan, Maha Suci bagimu. Sesungguhnya, Saya termasuk orang yang jahat.

Menurut tafsir Kementerian Agama, pada saat salat itulah Nabi Yunus menyadari kesalahan yang dilakukannya sebagai nabi, yakni tidak sabar dan tidak toleran terhadap manusia.

Untuk itu Nabi Yunus memohon ampun dan pertolongan kepada Allah untuk melindungi dirinya dari situasi sulit ini.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita juga bisa mendoakan Nabi Yunus, memohon taubat, dan memohon pertolongan kepada Allah ketika terjadi bencana. Ingatlah untuk mendoakan teman-teman yang bijak. Kisah nabi Yunus memberikan banyak hikmah. Kita bisa mengambil hikmah dari kejadian saat nabi ditelan ikan paus. Beberapa sumber menyebutkan dia menghabiskan 40 hari di dalam perut hewan raksasa itu.

Kisah Nabi Yunus, Mengapa Dia Ditelan Paus?

Sesungguhnya tidak ada satupun hamba, termasuk para nabi dan rasul, yang tidak diuji oleh Allah. Berbagai cerita tentang Rasulullah membuktikan bahwa Tuhan semesta alam mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menguji setiap orang.

Dalam kisah nabi Yunus, cobaan datang berupa ditelan ikan paus. Sebelumnya, Nabi berdakwah di kalangan penduduk Niniwe yang tinggal di Mosul. Pesan nabi ditolak dan dia kehilangan harapan.

Mengutip Tafsir Kashash Jilid 3 karya Shofian Hadi, Nabi Yunus memutuskan untuk meninggalkan umatnya yang durhaka dan keras kepala. Keputusan ini berarti nabi tidak memenuhi kewajibannya untuk berdakwah.

Saat itu, nabi jahat Yunus tidak lagi ingin mengajak masyarakat Niniwe untuk beriman pada tauhid dan bersatu kepada Allah. Peristiwa ini disebutkan dalam pasal 87 QS Al Anbiya.

Bak Kisah Nabi Yunus, Pria Ini Selamat Setelah Ditelan Ikan Paus

َذَا النُّوۡنِ اِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ انَنَن باب بابة ۡحٰنَكَ اِ نِّ ىۡ كُنتُ مِنَ الظّٰلِمِينَ

Arab Latin: Wa Zan Nuuni iz zahaba mughaadiban fazaanna al lan naqdira ‘alaihi fanaanna al lan naqdira ‘alaihi fanaadaa fiz zulumaati al laaa ilaaha illaaa Anta Subhaanaka innii contu minaz zaalimiin

Mishma: Dan ketika (ingat cerita) putranya Nun (Yonah) pergi dalam keadaan marah, dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, jangan sampai kita mempersulitnya dengan mengatakan, “Di sini. “Tidak ada tuhan tetapi Engkau.” Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang yang fasik.

Dalam pelariannya, Nabi Yunus sampai di tepi dermaga dengan kapal yang siap berlayar. Ia memutuskan untuk melakukan perjalanan tersebut meski kapal sudah penuh sesak dengan penumpang dan barang bawaan.

Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Nun

Di tengah lautan, kapal ditangkap oleh seekor ikan paus besar dan hampir tenggelam. Kapten dan penumpang memutuskan untuk membuang penumpang tersebut agar kapal dapat berlayar kembali dengan aman.

Kemudian mereka memutuskan dengan mengundi siapa saja yang akan dikorbankan untuk santapan ikan paus. Nama Nabi Yunus tidak diikutsertakan dalam undian sehingga terpaksa dibuang ke laut. Benar saja, Nabi Yunus ditelan ikan paus selama beberapa hari.

Di dalam perut ikan paus yang gelap, sesak, dan sedih itulah nabi Yunus menyadari kesalahannya. Saking sedihnya, ia memohon kepada Allah agar segera mengeluarkan ikan itu dari perutnya.

Duka dan doa Nabi Yunus dikabulkan Allah dan beliau dikeluarkan dari perut salah satu hewan terbesar di dunia. Allah pun mendampingi Nabi Yunus dalam proses kesembuhannya hingga ia siap kembali berdakwah.

Kisah Nabi Yunus Tidak Mati Dilempar Ke Laut Dan Ditelan Ikan Paus

Melalui kisah Nabi Yunus, Allah mengingatkan umat manusia bahwa suatu saat kita akan mengalami emosi.

Kisah nabi yunus dan ikan paus, kisah nabi yunus ditelan ikan paus, kisah singkat nabi yunus ditelan ikan paus, kisah nabi yunus ditelan ikan, kisah nabi yunus yang ditelan ikan paus, kisah nabi nuh ditelan ikan paus, kisah nabi ditelan ikan paus, nabi yunus ditelan ikan paus, kisah paus nabi yunus, nabi yunus ditelan ikan paus selama, cerita nabi yunus ditelan ikan paus, ayat nabi yunus ditelan ikan paus

About admin

My name is Rafi, and I started this WEBSITE to keep track of what I want to write and to share my experiences with everyone. By posting it on the blog, I hope it will be valuable to many people.

Check Also

Tuliskan Kisah Teladan Nabi Nuh As

Tuliskan Kisah Teladan Nabi Nuh As – Ulul Azmi adalah gelar kenabian yang diberikan kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *