Kisah Nabi Nuh As Singkat Dan Jelas

Kisah Nabi Nuh As Singkat Dan Jelas – – Kisah Nabi Nuh penuh dengan nilai-nilai kebaikan dan pesan moral. Oleh karena itu, cerita tentang dirinya ini sangat cocok untuk disajikan kepada anak-anak sekalipun.

Salah satu bagian paling terkenal dari kisahnya adalah banjir besar yang bahkan tidak bisa membuat putranya setia.

Kisah Nabi Nuh As Singkat Dan Jelas

Nabi Nuh sendiri merupakan nabi yang bergelar Ulul Azmi atau nabi yang memiliki kesabaran dan keberanian yang luar biasa.

Tanda Dari Nabi Nuh A

Betapa tidak, Nabi Nuh berdakwah selama 950 tahun dan bahkan dalam dakwahnya ini jalannya tidak selalu mulus karena umatnya menentang ajarannya.

Sebelumnya, seharusnya ia mengetahui bahwa Nabi Nuh adalah keturunan Nabi Sit. Ia mempunyai 4 orang anak, Kan’an, Yafits, Ham dan Sam. Ia menjadi rasul ketika ia mencapai usia 480 tahun dan tugas kenabiannya terpenuhi di Bani Rasib.

Bani Rasib adalah kaum yang sangat menyimpang. Mereka tidak menyembah Allah SWT melainkan menyembah berhala yang sebenarnya ciptaan mereka sendiri. Bahkan mereka percaya bahwa patung mati tersebut dapat memberikan banyak manfaat.

Tak hanya itu, Bani Rasib juga percaya bahwa berhala bisa menangkal berbagai macam kejahatan. Patung-patung tersebut bahkan mempunyai nama yang sebenarnya merupakan nama ulama yang hidup pada masa lampau.

Buatlah Silsilah 25 Rasul, ,mulai Dari Nabi Adam As. Sampai Nabi Muhammad Saw.!

Sebab, mereka ingin mengenang jasa para ulama dan nama patung yang dimaksud adalah Nasr, Suda, Yaghut, Yauq dan Wadd. Tak hanya menyembah berhala, Bani Rasib juga kerap melakukan maksiat dan maksiat.

Padahal, Bani Rasib awalnya adalah kaum yang beriman kepada Allah SWT dan nama lima patung sebelumnya menjadi teladan mereka.

Nabi Nuh diutus untuk membujuk Bani Rasib agar menghentikan maksiat dan penyembahan berhala mereka. Padahal, Allah SWT mengaruniai Nabi Nuh dengan kemampuan argumentasi yang sangat baik.

Ya, Nabi Nuh adalah nabi yang cerdas dan mempunyai kemampuan berbicara yang baik. Namun dengan kemampuannya yang luar biasa itu, ia tidak serta merta menyadarkan Bani Rasib. Mereka bahkan menolak ajakan Nabi Nuh.

Nabi Nuh As

Nabi Nuh sendiri tidak putus asa dan tetap semangat mewujudkan dakwahnya. Memang banyak yang menentang dakwahnya. Namun di antara mereka ada juga yang ingin mengikuti kebenaran yang disabdakan Nabi Nuh.

Namun jumlahnya juga kecil dan menurut cerita, murid-murid tersebut lemah dan miskin dan jumlahnya tidak lebih dari 80 orang. Murid-murid ini dikucilkan bahkan oleh orang kaya dan berkuasa yang hidup pada saat itu.

Diketahui Nabi Nuh berdakwah selama 950 tahun. Dalam dakwahnya, Nabi Nuh banyak menerima celaan dan hinaan, padahal Nabi Nuh menyampaikan bukti nyata kebesaran Allah SWT.

Sayangnya, Bani Rasib tetap menjadi suku yang sulit diatur. Bahkan, mereka memprovokasi Nabi Nuh untuk menghukum mereka. Mendengar tantangan tersebut, Nabi Nuh menjawab bahwa hukuman adalah kekuasaan Allah SWT.

Kisah Nabi Khidir, Guru Nabi Musa Yang Menjadi Sosok Misteri!

Kisah Nabi Nuh AS dan kaumnya mengenai hukuman tersebut bisa Anda baca langsung di Al-Quran Surat Hud ayat 32. Allah SWT kemudian meminta Nabi Nuh untuk tidak bersedih. Namun Nabi Nuh memohon kepada Allah SWT untuk menghukum orang yang tidak taat.

Allah SWT mengabulkan doa Nabi Nuh dan memerintahkan Nabi Nuh untuk membangun sebuah kapal besar. Kapal inilah yang nantinya akan menampung dan menyelamatkan orang-orang beriman, sedangkan orang-orang kafir akan ditenggelamkan oleh Allah SWT.

Ketika Nabi Nuh menerima perintah tersebut, beliau mengumpulkan para pengikutnya. Mereka kemudian bekerja sama membangun kapal tujuan mereka siang dan malam. Bahkan, aktivitas Nabi Nuh dan kaumnya yang membangun bahtera ini tak luput dari cibiran orang-orang kafir.

Padahal, Nabi Nuh membangun bahtera di kawasan yang jauh dari keramaian. Namun, ada pula yang melihat aktivitas para nabi Nuh. Meski dihina, Nabi Nuh tetap membuat kapal sesuai perintah Allah SWT.

Kisah 25 Nabi Dan Rasul

Nabi Nuh memberi kabar bahwa akan terjadi banjir besar di daerah tersebut. Namun, orang-orang kafir tetap tidak percaya. Bahkan, anak-anak Nabi Nuh juga disebut Kan’an dalam kelompok ini.

Begitu bahtera itu dibangun dan Allah SWT memberikan wahyu kepada Nabi Nuh, beliau dan para mukmin segera bersiap dan menunggu tanda-tanda air bah yang dijanjikan Allah SWT. Begitu tanda-tanda yang dimaksud muncul, Nabi Nuh dan para pengikutnya masuk ke dalam bahtera.

Tak hanya masyarakat yang beriman, hewan pun masuk dan dibawa ke kapal atas izin Allah SWT. Setelah seluruh mukmin masuk ke dalam perahu, Allah SWT menurunkan hujan lebat.

Sebelum banjir besar benar-benar terjadi, Nabi Nuh kembali mengajak umatnya untuk beriman kepada Allah SWT. Sayangnya, sekali lagi mereka menolak, bahkan anak bernama Kan’an itu menolak berubah.

Kisah Singkat Nabi Nuh As

Sedikit demi sedikit air menjadi tergenang dan semakin tinggi hingga akhirnya dataran rendah dan pegunungan terendam banjir. Yang tersisa hanyalah bahtera Nabi Nuh dan manusia yang diselamatkan Allah SWT di dalamnya.

Cerpen Nabi Nuh ini berlanjut dengan perahu yang berhasil melewati sumur banjir bandang dengan izin Allah SWT. Orang kafir yang tidak beriman kepada Allah SWT tidak bisa menyelamatkan diri dan akhirnya mati, sama seperti Kan’an.

Bahkan Nabi Nuh melihat sendiri bagaimana anak itu bangkit dan terjatuh di tengah air bah. Tak hanya Kan’an, nyatanya istri Nabi Nuh sendiri juga termasuk orang kafir. Tanpa ragu ia pun menenggelamkan putranya dan orang-orang durhaka lainnya.

Ketika Nabi Nuh melihat hal itu, beliau merasa sedih dan setelah menenggelamkan kaum tertindas ini, air pun surut dengan cepat. Bahtera Nuh juga mendarat di gunung Yudea, dan di bukit ini orang-orang beriman dan hewan-hewan yang dibawa dalam bahtera itu mendarat dan memulai hidup baru.

Nabi Nuh Dan Air Bah

Dari kisah nabi Nuh kita dapat memahami bahwa bencana tidak datang hanya karena alam tidak berfungsi dengan baik. Namun karena Allah SWT menghendaki dan dalam kehancuran tersebut Allah SWT mengingatkan manusia bahwa mereka sering lupa bahwa merekalah yang merusak alam.

Di sisi lain, kisahnya juga mengajarkan bahwa sebagai hamba Allah SWT, orang beriman harus bersabar dan tekun dalam menghadapi berbagai cobaan. Faktanya, Nabi Nuh sendiri berdakwah selama hampir 1000 tahun.

Selama ini ia mempunyai banyak pengikut. Selain dikenal sabar, Nabi Nuh juga dikenal sebagai sosok yang bijaksana. Sebenarnya, awalnya dia mengira semuanya baik-baik saja.

Nabi Nuh juga selalu meminta petunjuk kepada Allah SWT sebelum mengambil keputusan. Artinya keputusan yang diambil nantinya benar-benar tepat dan membawa kebaikan.

Benarkah Kapal Nabi Nuh Terdampar Di Gunung Ararat?

Selain berbagai poin di atas, kisah Nabi Nuh dengan jelas mengajarkan umat manusia untuk membela kaum lemah, tertindas, dan miskin. Sikap seperti inilah yang perlu dipraktikkan di zaman sekarang ini.

Sebab, di zaman sekarang ini banyak sekali tipu muslihat yang dilakukan oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab. Poin penting lainnya, kisah Nabi Nuh ini juga mengajarkan manusia untuk selalu bersyukur, meski diolok-olok dan dihina. Wallahu a’lam bish showab.

Cerita nabi nuh singkat dan jelas, kisah nabi nuh as, kisah nabi nuh as singkat, kisah nabi nuh secara singkat, kisah nabi nuh singkat pdf, kisah nabi nuh yang singkat, kisah nabi nuh singkat padat dan jelas, kisah lengkap nabi nuh as, kisah nabi nuh singkat kristen, kisah teladan nabi nuh as singkat, kisah nabi nuh singkat dan hikmahnya, kisah nabi nuh singkat

About admin

My name is Rafi, and I started this WEBSITE to keep track of what I want to write and to share my experiences with everyone. By posting it on the blog, I hope it will be valuable to many people.

Check Also

Etika Bertamu dalam Islam: Menjalin Hubungan dengan Adab yang Baik

Pengertian dan makna adab bertamu dalam Islam Adab bertamu dalam Islam merupakan suatu tindakan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *