Cerita Nabi Yunus Dalam Alkitab

Cerita Nabi Yunus Dalam Alkitab – 2 Ayat yang Berkesan: Tapi aku akan berkorban untukmu dengan ucapan syukur; Saya memberikan apa yang saya janjikan. Keselamatan berasal dari Tuhan!” Yunus 2:9

3 PENDAHULUAN Penulis kitab Yunus: Yunus Pokok bahasan kitab Yunus: Luasnya kasih Tuhan yang menyelamatkan Tanggal penulisan: 760 SM. Keterangan: 1. Yunus adalah seorang nabi dari kerajaan Israel utara 2. Yunus berasal dari Jat-Hefer 3. -5 km sebelah utara Nazareth di Galilea. 3. Yunus melayani setelah nabi Elisa dan sekaligus melayani Amos, dan setelah itu ia melayani nabi Hosea. 4. Yunus berarti “merpati” atau “diwakili sebagai anak Tuhan (1:1)” 5. Yunus melayani Yerobeam II, raja Israel. 6. Yunus adalah seorang nabi yang diutus ke kota Niniwe yang terjadi pada masa pemerintahan raja Asyur lainnya yaitu: Ada-Niror (AD) dan Asyur III (AD). 7. Yunus diutus untuk menyampaikan pesan ke kota Niniwe, yang terletak sekitar 800 km timur laut Galilea.

Cerita Nabi Yunus Dalam Alkitab

4 PENDAHULUAN Tujuan kitab Yunus : 1. Menunjukkan kepada bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain betapa besar dan luasnya anugerah keselamatan Allah dengan memberitakan pertobatan. 2. Melalui pengalaman Yunus, terlihat bahwa Israel telah menyimpang dari panggilan misionaris aslinya untuk menjadi terang penebusan bagi orang-orang yang hidup dalam kegelapan. 3. Untuk memperingatkan Israel yang murtad bahwa Allah dalam kasih dan belas kasihan-Nya mengutus tidak hanya satu nabi tetapi banyak nabi yang setia untuk menyampaikan pesan pertobatannya untuk menghindari hukuman dosa yang tak terelakkan. 4. Menunjukkan bahwa ketika Israel menolak nabi-nabi Allah, Niniwe bertobat dan menerima rahmat-Nya.

Kabar Kristen: Kitab Yunus

Salah satu kitab Perjanjian Lama ditulis oleh seorang nabi yang lahir dan besar di kerajaan Israel utara. Salah satu mahakarya gaya sastra adalah prosa pendek, hanya doa syukur Yunus yang ditulis dalam bentuk syair. Buku ini penuh dengan tindakan akrodatif Tuhan; kecuali saat terjadinya badai dan munculnya ikan-ikan besar, pohon jarak pagar, ulat dan angin timur serta perputaran seluruh kota Niniwe. Nyatakan dengan jelas bahwa anugerah keselamatan Tuhan diperuntukkan bagi semua bangsa, baik Yahudi maupun non-Yahudi. Dokumen-dokumen kuno menjelaskan: “Kota Niniwe terletak 500 mil sebelah utara Israel, di seberang Sungai Tigris dari kota Mosul di Irak modern, 375 kilometer sebelah utara Bagdad. Bentuknya persegi panjang dan berukuran 150 x 90 stadia (1 stadia = 200 m), jadi keliling = 480 stadia = 90 km. “Yunus mempersiapkan dirinya dan pergi ke Niniwe sesuai dengan firman Tuhan. Niniwe adalah kota yang indah yang lebarnya tiga hari” (Yunus 3:3). dari kemakmuran dia dikenal karena kejahatan dan kejahatannya.

Ciri-ciri utama kitab Yunus: I. Ajakan Tuhan yang pertama kepada Yunus (1:1-2:10) Ajakan Yunus: Pergi ke Niniwe (1:1-2) Ketidaktaatan Yunus (1:3) Akibat ketidaktaatan Yunus (1) :4 – 17) Doa Yunus di tengah bencana (2:1-9) keselamatan Yunus (2:10). II. Panggilan Tuhan yang kedua kepada Yunus (3:1-4:11) a) Panggilan Yunus: Pergi ke Niniwe (3:1-2). b) Kewajiban Yunus untuk taat (3:5-9) c. Akibat ketidaktaatan Yunus (3:5-10) d. Keluhan Yunus (4:1-3) d) teguran dan pengajaran Yunus (4:4-11)

Ketika Anda melihat Tuhan menyelamatkan orang-orang dari berbagai kategori: nabi, pelaut, penduduk Niniwe dan bahkan semua orang? Mengapa Yunus tidak mau mengampuni padahal ia sudah merasakan pengampunan Tuhan? Bagaimana reaksi Yunus ketika dia akhirnya pergi ke Niniwe, dan hal ini memperlihatkan apa mengenai ketaatannya kepada Allah? Sadarkah Anda bahwa prasangka mencemari agama Kristen? Jika ya, bagaimana kita harus melanjutkannya?

Niniwe secara historis adalah salah satu dari tiga kota terbesar di Asyur. Kekerasan Asyur diketahui semua orang, Nabi Nahum menyebut Niniwe sebagai kota berdarah yang penuh kebohongan dan perampokan (Nahum 3:1). Yunus adalah putra Amitai dari utara, lahir di Jath Hepher di Zebulon, Israel pada masa pemerintahan Yerobeam II. Keluarga Yunus mungkin menderita selama invasi Suriah ke Israel utara. Allah adalah Tuhan seluruh umat manusia dan semua umat manusia wajib memberikan pertanggungjawaban kepada-Nya. Dia memanggil hambanya Yunus dan mengutus dia untuk memperingatkan Niniwe akan kehancuran yang akan datang (Yunus 1:2). Ketika Tuhan menyuruhnya melakukan perjalanan ke timur menuju Niniwe, dia menolak dan mencoba melarikan diri dengan perahu ke barat menuju Tarsus.

Yunus 1: Nabi Yang Menolak Perintah

Yunus lari dari Tuhan karena tidak mau melakukan kehendak Tuhan. Ketika Yunus melarikan diri, Tuhan tidak menyayangkannya, namun mengirimkan badai besar untuk mengajarinya. “Yang kucintai, aku tegur dan tegur, maka tenangkan hatimu dan bertaubat!” (Wahyu 3:19). Seperti Yunus, banyak orang lari dari Tuhan karena tidak mengenal Tuhan, oleh karena itu: Apapun yang terjadi, tidak mungkin lepas dari hadirat Tuhan (Mazmur 138:1-12). Tidak mungkin kita bisa lepas dari pekerjaan Tuhan (Mazmur 138:7-9). Kasih Tuhan tidak mungkin lepas. Kedalaman dan keluasan kasih Allah tidak dapat dipahami. (Keluaran 34:6, 7; Yunus 4:2). Kecuali dosa terhadap Roh Kudus (Matius 12:31), jika kita tidak menerima pengampunan Tuhan atas apapun kita mohon pengampunan (1 Yohanes 1:9).

Terjadi badai kuat yang mengancam akan menenggelamkan kapal Yunus. Para pelaut berdoa kepada para dewa dan membuang undi, dan undi jatuh pada Yunus. Yunus mengakui dosanya dan menyuruh pelaut itu menceburkan diri ke laut. Pelaut non-Yahudi menunjukkan perbuatan positif karena mereka menunjukkan rasa hormat yang besar terhadap Tuhan mereka, Yunus memberikan pandangan negatif karena menolak panggilan Tuhan. Pengakuan iman Yunus kepada Tuhan, Pencipta laut dan bumi, menekankan kesia-siaan lari dari Tuhan. “Aku, Tuhan, memanggilmu menuju keselamatan, aku mengambilnya dari tanganmu; Aku menjadikan kamu dan memberikan kamu sebagai perjanjian bagi manusia, dan menjadi terang bagi bangsa-bangsa” (Yesaya 42:6).

11 SAKSI YANG TIDAK INGIN Ketika Yunus dilempar ke laut dan badai berhenti dan para pelaut menyembah Tuhan dan memuji-Nya. “Takutlah akan Allah dan pujilah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang menciptakan langit dan bumi dan laut dan segala mata air” (Wahyu 14:7). Berhentinya badai secara tiba-tiba menunjukkan bahwa Allah adalah Pencipta dan “Dan Dia bersumpah demi Dia yang hidup selama-lamanya, bahwa Dialah yang menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dengan segala isinya, dan laut dan segala isinya. ada di dalamnya. ada di…” (Wahyu 10:6) Yunus tahu lebih baik dari siapa pun tentang kesia-siaan melarikan diri dari Tuhan, pelariannya menjerumuskannya ke dalam kegelapan rohani yang lebih dalam. Orang-orang meminta Yunus, seorang nabi Tuhan yang sejati, untuk berdoa. Para pelaut percaya pada Tuhan dan Tuhan memakai Yunus untuk menjangkau mereka yang biasanya menolak otoritas-Nya.

12 Mazmur Lagu Yunus adalah gambaran puitis tentang keselamatan dari tenggelam. Bukan hanya ikan yang selamat (1:17), tetapi ketika ikan itu tenggelam, Yunus tahu bahwa ia sedang tenggelam (2:2-7). Pada saat terakhir kesadarannya, dia meminta pertolongan Tuhan. Yunus menyadari bahwa ikan itu bukan dimaksudkan untuk membinasakan dirinya, melainkan untuk menyelamatkannya. Ciri-ciri nyanyian Yunus adalah sebagai berikut: Nyanyian Yunus menggunakan bentuk puisi Mazmur Daud. Yunus 2:9 = Mazmur 3:8 “Keselamatan datangnya dari Allah.” Mazmur Yunus berfokus pada keselamatan fisik dari kematian karena tenggelam. Mazmur Yunus fokus pada jiwa. Mazmur Yunus menunjukkan kebenciannya terhadap orang bukan Yahudi dan sikap mementingkan diri sendiri sebagai orang Israel. Satu-satunya janji Yunus hanyalah korban bakaran di Bait Allah. Mazmur Yunus tidak memuat pertobatan dan pengakuan dosa, dan pengakuan dosa ini dijelaskan di pasal 1.

Yunus Dan Pertobatan Kota Niniwe

13 Mazmur Yunus Yunus menyadari bahwa dia telah tidak taat dan mengetahui bahwa Tuhan melemparkan dia ke laut. Kesedihan dan ketakutan terbesarnya adalah meninggalkan hadirat Tuhan selamanya. Kesediaan Yunus untuk melindungi para pelaut menunjukkan betapa besar dosanya karena tidak menaati Tuhan dan mempertaruhkan nyawa mereka. Sejauh ini dalam kisah Yunus telah terjadi tujuh mukjizat dari Tuhan, yaitu: Dia mengirimkan badai atau badai yang sangat besar. Undian itu dilempar hingga jatuh ke wajah Yunus, ia menenangkan laut sehingga ikan besar itu menelan Yunus tanpa melukainya. Perlakukan Joanna untuk bertahan hidup tiga hari di dalam perut ikan. Ikan itu membawa Yunus ke pantai dan melemparkannya ke pantai dan tepat di sebelah kota Niniwe.

14 Mazmur Yunus Nubuatan Tuhan bekerja dengan cara yang menakjubkan. Dalam Kidung Yunus, ia merayakan penyelamatan Tuhan dari kedalaman laut yang mengerikan. Sekalipun dia pantas mati, dia bersyukur. Yunus menyadari bahwa meski memiliki banyak kekurangan, ia memutuskan untuk setia pada panggilannya. Tuhan menyelamatkan Yunus dari kematian karena: Tuhan mengasihani Yunus, seperti yang ditunjukkannya kepada para pelaut dan penduduk Niniwe. Tuhan sedang mencoba memberitahu Yunus untuk mengubah cara hidupnya dengan menunjukkan belas kasihan kepadanya. Tuhan menyelamatkan nyawa Yunus sehingga dia bisa pergi ke Niniwe dan mengeluh tentang dosa-dosa kota itu.

15 TUGAS SUKSES Pencapaian terbesar Yunus sebagai nabi adalah mengubah kota Niniwe. Hasil yang luar biasa adalah penduduk kota Niniwe merendahkan diri di hadapan Tuhan, mengenakan cadar, menaruh kotoran di kepala dan berpuasa sebagai tanda pertobatan. Tindakan raja Asyur dan seluruh rakyatnya merupakan teguran keras terhadap para pemimpin dan rakyat Israel yang sombong. Dalam kitab Yunus, seruan untuk bertobat ditekankan untuk mendapatkan rahmat Tuhan dan pengampunan dosa. . Bawalah kepada-Nya segala kebutuhan, suka, duka, keluh kesah, dan ketakutanmu kepada Tuhan. Bawalah kepada-Nya apa pun yang berat di hatimu. “Sebab Tuhan itu baik dan pengasih” (Yakobus 5:11). Ellen J. White, Kebahagiaan Sejati, hal.112.

16 TUGAS SUKSES “Generasi yang jahat dan tidak setia ini memerlukan sebuah tanda. Tapi tidak untuk mereka

Kisah Nabi Yunus As A

Kisah nabi yunus dalam alkitab, cerita tentang nabi yunus dalam alkitab, cerita tokoh alkitab yunus, kisah yunus dalam alkitab, cerita yunus dalam alkitab, doa yunus dalam alkitab, nabi yunus dalam alkitab, cerita tentang yunus dalam alkitab, nabi yunus alkitab, cerita alkitab tentang yunus, yunus dalam alkitab, cerita alkitab yunus

About admin

My name is Rafi, and I started this WEBSITE to keep track of what I want to write and to share my experiences with everyone. By posting it on the blog, I hope it will be valuable to many people.

Check Also

Tuliskan Kisah Teladan Nabi Nuh As

Tuliskan Kisah Teladan Nabi Nuh As – Ulul Azmi adalah gelar kenabian yang diberikan kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *